AKREDITASI PROGRAM STUDI GIZI FIKES UNSULBAR

710

https://fikes.unsulbar.ac.id Selang beberapa hari hari setelah pelaksanaan asesmen lapangan akreditasi program studi administrasi kesehatan, Fikes Unsulbar kembali melaksanakan asesmen lapangan akreditasi kali ini untuk program studi gizi yang berlangsung tanggal 5-6 Februari 2024. LAM PT-Kes kali ini mengutus Prof.Dr. Nurdin Rahman, M.Si.,M.Kes dan Dr. Heni Hendriyani, SKM.,M.PH sebagai asesor untuk asesmen lapangan Prodi Gizi. Penyambutan dilakukan didepan Aula Universitas Sulawesi Barat yang dihadiri langnsung oleh Rektor Universitas Sulawesi Barat beserta Dekan Fikes Unsulbar yang didampingi oleh kedua Wadek Fikes Unsulbar serta para dosen dan Tendik Fikes Unsulbar. Dalam sambutannya Rektor Unsulbar mengungkapkan bahwa dalam rangka untuk asesmen lapangan seperti akreditasi maka peran dan fungsi GPM (Gugus Penjaminan Mutu) di Fakultas sangat berperan penting.

Pelaksanaan asesmen lapangan akreditasi untuk Prodi Gizi menggunakan 2 ruangan yang terpisah. Borang akreditasi yang digunakan adalah borang dengan 9 kriteria. yaitu : 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, danĀ 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Selain memeriksa dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan tridharma asesor juga melihat langsung sarana dan prasarana yang dimiliki Fikes unsulbar dalam hal ini Prodi Gizi, seperti laboratorium, perpustakaan dan ruang kuliah maupun ruangan lain yang digunakan mahasiswa dalam berkegiatan. Tim asesor pun melakukan wawancara kepada mahasiswa, tendik, stakeholder dan mitra.

Dalam acara penutupan Tim asesor mengingatkan agar siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti dalam penjaminan mutu tetap dilaksanakan. Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Prof.,Dr. Muzakkir, M.Kes dalam sambutan penutupnya menggarisbawahi mengenai SDM, beliau mempersilahkan para dosen yang memenuhi syarat untuk mengajukan diri untuk melanjutkan pendidikan karena menurut beliau untuk bisa mencapai predikat unggul dalam akreditasi suatu program studi maka tenaga dosen dengan pendidikan S3 minimal 50%.*)

GALERI FOTO KEGIATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI GIZI