Cita-cita pendirian Universitas Sulawesi Barat merupakan pre determinan dan satu paket dengan perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat, setelah provinsi Sulawesi Barat terbentuk pada 22 September 2004, Tim Persiapan Pendirian Universitas Sulawesi Barat lalu fokus pada perjuangan untuk mendapatkan izin operasional Universitas Sulawesi Barat.

Universitas Sulawesi Barat memperoleh izin operasional melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 229/D/0/2007 tanggal 30 November 2007 yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat di bawah koordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Tanggal 13 Mei 2013 Universitas Sulawesi Barat berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat. Dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat berarti bahwa Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat telah mengalihkan pengelolaan dan aset Universitas Sulawesi Barat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Setelah menjadi PTN maka pada tanggal 19 Desember 2013 Dr. Ir. Akhsan, MS. dilantik menjadi Rektor Universitas Sulawesi Barat dengan Surat Keputusan No. 04/MPK.A4/KP/2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Visi

“Menjadi Pusat Unggulan dalam mengembangkan, memelihara, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni untuk memecahkan masalah lokal, nasional, dan global”

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan sesuai tuntutan dan kebutuhan pembangunan dalam rangka menghasilkan luaran yang berkualitas, berdedikasi, dan berakhlak mulia;
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan dalam menjawab tantangan pembangunan;
  3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan kesejahteraan dan peradaban masyarakat

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Fakultas Ilmu Kesehatan adalah salah satu fakultas yang ada di lingkup di Universitas Sulawesi Barat saat ini mengelolah 4 program studi yaitu Keperawatan dan Profesi Ners,   Prodi Ilmu Gizi dan Administrasi Kesehatan.

VISI DAN MISI FAKULTAS ILMU KESEHATAN
VISI
Pada tahun 2040 menjadi institusi pendidikan kesehatan yang unggul dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu teknologi kesehatan untuk memecahkan masalah kesehatan lokal, nasional dan global
MISI
1. Menyelenggarakan program pendidikan kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdedikasi tinggi dan berakhlak mulia dalam rangka memenuhi tuntuan dan kebutuhan pembangunan
2.Mengembangkan lmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan inovasi di bidang kesehatan
3.Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi kesehatan dalam mewujudkan kesejahteraan dan peradaban yang tinggi
4.Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan ilmu kesehatan
VISI, MISI POGRAM STUDI
Visi Program Studi Keperawatan.
“Terwujudnya Program Studi Keperawatan yang menghasilkan tenaga Keperawatan professional, berbudaya dan bermasyarakat melalui penerapan Asuhan Keperawatan Komunitas pada tahun 2030 dengan memamfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.”
Visi ini menjadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pelaksanaan tridharma yang mengedepankan pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi  yang berbasis pada budaya. Makna yang terkandung dalam visi ini adalah Prodi untuk menjadi pendidikan yang profesional dalam pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi  haruslah mengedepankan akal, pikiran dan kearifan lokal dalam membangun dunia pendidikan Keperawatan.
Misi Prodi Keperawatan Fikes
1.Sejalan dengan Visi Prodi Keperawatan yang telah disahkan oleh Ketua Prodi, maka misi yang diemban dalam mewujudkan visi di atas adalah sebagai berikut:
2.Mengembangkan pendidikan dan pelatihan keperawatan dengan memamfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah kesehatan serta melibatkan peran serta masyarakat.
3.Menerapkan pendidikan keperawatan (komunitas) yang professional dengan budaya caring
4.Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian yang bermamfaat bagi kepentingan keilmuan dan kemasyarakatan sesuai dengan tuntutan stakeholders pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan
5.Menyelenggarakan dan mengembangkan kurikulum berbasis KKNI sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)
6.Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihap untuk penerapan dan pengembangan ilmu keperawatan
X