AKREDITASI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI KESEHATAN FIKES UNSULBAR TAHUN 2024

912

Fakultas Ilmu Kesehatan melaksanakan kegiatan akreditasi untuk program studi Administrasi Kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 sampai tanggal 31 Januari 2024, asesmen lapangan di pusatkan di aula Universitas Sulawesi Barat. LAM PTKes mengutus Dr.,Susanto Priyo Hastono, M.Kes dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan Dr.,Kholis Ernawati , S.Si.,M.Kes Dosen Tetap Fakultas Kedokteran Universitas YARSI sebagai asesor yang akan menilai borang akreditasi yang telah dikirimkan Tim Akreditasi Program Studi Administrasi Kesehatan.

PENYAMBUTAN ASESOR LAM PTKes

Pagi sekira jam 7.30 wita tim asesor dari lembaga akreditasi (LAM PT Kes) telah tiba di Program Studi Administrasi Kesehatan untuk melaksanakan proses asesmen lapangan. Penyambutan dilakukan oleh Bapak Rektor Universitas Sulawesi Barat Prof.,Dr. Muhammad Abdy, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Prof.,Dr., Muzakkir, M.Kes serta civitas akademika Fikes Unsulbar. Sejak pagi-pagi, suasana di kampus terasa penuh antusiasme dan persiapan. Ruang rapat telah disiapkan dengan detail, dan para dosen serta staf administrasi telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

PEMBUKAAN ACARA AKREDITASI

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesi Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Andi Mifta Farid Panggeleng. Rektor Universitas Sulawesi Barat Prof, Dr., Muhammad Abdy, S.Si.,M.Si hadir pada acara ini yang kemudian membuka acara dan juga memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau berharap bahwa apa yang telah dituliskan tim akreditasi di dalam borang sesuai dengan fakta yang ada di lapangan karena sesungguhnya kedatangan tim asesor tujuannya adalah untuk memastikan bahwa data yang ada dalam borang sesuai dengan fakta di lapangan beliau berharap bahwa fakta yang ada di lapangan itu lebih manis daripada data yang ada dalam borang yang telah dikirimkan ke LAM PTKes.

Asesor dari LAM PTKes Dr.,Susanto Priyo Hastono, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan ini adalah suatu produk jasa sehingga jasa ini perlu dipertanggungjawabkan di masyarakat sebagai konsumen dan produk ini terkait dengan mutu atau kualitas oleh karena itu agar bisa dipertanggungjawabkan perlu distandarisasi, PTN saat ini tidak bisa lagi berdiam diri karena persaingan dengan swasta juga saat ini sangat baik ungkapnya.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Prof.,Dr.,Muzakkir, M.Kes menyajikan profil Fakultas Ilmu Kesehatan setelah kedua tim asesor memberikan sambutannya. Pemaparan yang dilakukan Dekan Fikes dimulai dengan sejarah singkat Universitas Sulawesi Barat yang dilanjutkan dengan Visi dan Misi Fakultas Ilmu Kesehatan. Beliau juga menginformasikan bahwa saat ini Fakultas Ilmu Kesehatan telah membina 4 prodi yaitu Keperawatan, Ners, Gizi, dan Adminkes dan Insyaallah tahun ini akan bertambah 4 prodi lagi yaitu Kedokteran, D.III Farmasi, Sarjana Terapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Sarjanan Terapan Terapi Gigi. Koordinator Prodi Adminkes Muhammad Hosni Mubarak, SKM.,M.Kes memaparkan milestone program studi adminkes dan visi dan misi dan tujuan program studi administrasi kesehatan. Setelah pemaparan koordinator Prodi dilanjutkan dengan diskusi tim asesor dengan tim penyusun borang akreditasi.

PROSES ASESMEN LAPANGAN

Pertama-tama, mereka fokus pada kriteria-kriteria yang terkait dengan standar pengelolaan akademik. Tim asesmen melakukan peninjauan dokumen kurikulum, hasil pembelajaran, dan kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan.

Selanjutnya, tim asesmen beralih ke aspek ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan akademik. Mereka mengunjungi ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan. Pertanyaan terkait keamanan dan kenyamanan fasilitas pun diajukan untuk memastikan bahwa lingkungan belajar mengajar memenuhi standar yang ditetapkan.

Asesmen terus berlanjut dengan melibatkan interaksi langsung dengan mahasiswa dan Tenaga Pendidikan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat. Tim asesmen berkesempatan untuk berbicara dengan sejumlah mahasiswa dari berbagai tingkat semester untuk mendapatkan pemahaman tentang pengalaman belajar mereka, serta mendengar tanggapan mereka terhadap kualitas pengajaran dan fasilitas yang disediakan.

Selama asesmen lapangan, tim juga melakukan wawancara kepada mitra praktik lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa. Mereka banyak menanyakan tentang bagaimana mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan teoritis dalam konteks praktis, serta memastikan bahwa pelaksanaan praktik lapangan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Selama proses asesmen, dialog terbuka antara tim asesmen, dosen, dan mahasiswa terus berlangsung. Setiap pertanyaan atau saran dari tim asesmen direspons dengan transparan dan dijadikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan. Kondisi ini menciptakan atmosfer kolaboratif dan saling mendukung di antara semua pihak yang terlibat.

Pada akhirnya, tim asesmen menyampaikan umpan balik awalnya dan memberikan penilaian terhadap setiap kriteria yang dinilai. Keterlibatan penuh dari seluruh komunitas akademik dan kerjasama tim asesmen menjadi kunci keberhasilan proses asesmen lapangan ini, yang diharapkan dapat menjadi pijakan untuk terus meningkatkan kualitas Program Studi Administrasi Kesehatan.

Wawancara Tendik Fikes

HARAPAN KOORDINATOR PRODI ADMINKES

Ketika dihubungi via Whatsapp Koordinator Prodi Adminkes Muhammad Hosni Mubarak, SKM.,M.Kes menyampaikan tanggapan dan harapannya, Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada tim LAM PT Kes yang telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program studi administrasi Kesehatan fakultas ilmu Kesehatan universitas Sulawesi barat. Keberadaan lembaga akreditasi ini sangat berarti dalam meningkatkan standar pendidikan dan memastikan bahwa program studi kami terus memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan.

Setelah melalui serangkaian penilaian dan evaluasi dari tanggal 29-31 Januari 2024, kami akan menerima hasil akreditasi dengan sikap terbuka dan siap menerima rekomendasi yang diberikan. Tanggapan dan saran yang diberikan oleh LAM PT Kes akan menjadi pedoman bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di program studi ini.

Sebagai koordinator prodi, kami berkomitmen untuk segera merespons dan mengimplementasikan perbaikan yang diperlukan sesuai dengan rekomendasi yang disampaikan. Kami melihat akreditasi sebagai peluang untuk terus berkembang dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa kami.

Kami berharap kerjasama yang baik antara program studi Administrasi Kesehatan dan LAM PT Kes dapat terus terjalin dalam upaya menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Kami yakin bahwa dengan dukungan dan arahan dari lembaga akreditasi, program studi kami akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan kesehatan.

Dengan demikian, kami optimis bahwa hasil akreditasi ini akan memberikan dorongan positif bagi mahasiswa, dosen, dan semua pihak yang terlibat dalam program studi ini. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses akreditasi ini.

GALERY FOTO KEGIATAN AKREDITASI PRODI ADMINKES