PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN PROFESI NERS DAN JANJI LULUSAN S 1 KEPERAWATAN

51

Majene, fikesunsulbar.ac.id. || Mengawali tahun baru 2022, tepatnya tanggal 5 Januari 2022 Fakultas Ilmu Kesehatan kembali mengadakan kegiatan pengambilan sumpah, pelantikan profesi Ners dan janji lulusan S1 Keperawatan yang dilaksanakan di Ruang Teater gedung kembar Universitas Sulawesi Barat. Pengambilan sumpah dan pelantikan profesi Ners dilakukan oleh Ketua DPW PPNI Sulawesi Barat Harman, AMK.

Alumni Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 32 orang ditambah 1 orang peserta dari Poltekkes Mamuju serta diikuti 50 alumni S1 Keperawatan yang mengikuti pengucapan janji lulusan S1 Keperawatan yang dilakukan oleh koordinator program studi keperawatan Indrawati, S.Kep.,Ners.,M.Kes. Pada kegiatan penyumpahan dan pelantikan ini turut dihadiri Wakil Rektor I Unsulbar Dr.Eng.,Ir. Zulfajri Basri Hasanuddin.,M.Eng. dan Wakil Rektor II Ir. Anwar Sulili., MS serta Kepala Biro Akademik dan Umum Drs.Abdul Latief Dollah, MM.

Acara dimulai dengan pembukaan sidang terbuka pengambilan sumpah, pelantikan profesi ners dan janji lulusan S1 keperawatan oleh ketua DPW PPNI Sulawesi Barat Harman, AMK dilanjutkan dengan dengan pembacaan lulusan Prodi Ners dan S1 Keperawatan oleh Wakil Dekan I Fikes Unsulbar Muhammad Irwan, S.Kep.,Ners.,M.Kes kemudian pengucapan sumpah dan janji oleh para peserta serta penandatanganan Berita Acara penyumpahan yang didampingi oleh Rohaniawan Islam dan Keristen.

Pengambilan Sumpah Profesi Ners oleh Ketua DPW Sulawesi Barat
Penandatanganan Berita Acara Penyumpahan oleh perwakilan Alumni disaksikan oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan Fikes, Ketua DPW PPNI serta rohaniawan.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr.H.Muzakkir.,M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa sumpah bermakna ikrar, sumpah bermakna tekad dan sumpah bermakna persaksian kepada diri sendiri dan juga kepada Allah SWT, Profesi Ners adalah adalah profesi yang mulia ketika disandarkan pada janji dan sumpah tetapi menjadi profesi yang tidak bermoral apabila tidak disandarkan pada janji dan sumpah profesi. Pada kesempatan kali ini Wakil Rektor II juga memberikan sambutan serta ketua DPW PPNI Sulawesi Barat.

Perwakilan alumni juga diberikan untuk memberikan sepatah kata yang diwakili oleh Asnawati yang juga merupakan lulusan terbaik dengan IPK 4,00 pada program profesi tahun 2020-2021.

Alumni profesi Ners Fikes unsulbar kali ini yang mengikuti prosesi pengucapan sumpah dan pelantikan profesi Ners adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan dan telah dinyatakan lulus uji kompetensi, sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini kebijakan exit exam mengharuskan mahasiswa harus mengikuti dan lulus uji kompetensi yang bisa mengikuti yudisium dan nantinya wisuda.*)