FAKULTAS ILMU KESEHATAN ADAKAN STUDI BANDING KE 3 PTN

127

Fakultas Ilmu Kesehatan melaksanakan kegiatan studi banding ke 3 Perguruan Tinggi Negeri pada tanggal 10. 11 Juni dan tanggal 14 Juni 2021. Perguruan Tinggi yang dikunjungi adalah Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Makassar, dan Universitas Negeri Makassar.

Fakultas Ilmu Kesehatan saat ini mengelola 4 Program Studi, sehingga studi banding yang dilaksanakan disesuaikan dengan Program Studi yang dikelola oleh Fikes yaitu Prodi Ners, Prodi Keperawatan, Prodi Administrasi Kesehatan, Program Studi Gizi.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Kesehatan Muh. Irwan, S.Kep.,Ners., M.Kes mengungkapkan bahwa tujuan dari benchmarking ini adalah untuk mendapatkan referensi tentang pengelolaan beberapa topik khusus dan rencana pembukaan Program Studi baru yaitu Program Studi Farmasi dan Program Studi Kedokteran.

Adapun topik khusus yang dimaksud adalah:

1. Aplikasi Fulltime Teaching Equivalent (FTE)
2. Pengelolaan Kelas Tutorial dan Laboratorium Keperawatan
3. Peta Kurikulum
4. Proses Pembelajaran Akademik berdasarkan SKS: Teori, Praktikum dan Praktikum Lapangan
5. Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Prodi Keperawatan
6. Pengelolaan mahasiswa first taker dan retaker Ujian Kompetensi Nasional
7. Pelaksanaan perhitungan BKD dan LKD.
8. Penelitian dan pengabdian masyarakat serta penjajakan kerjasama penelitian dan Pengabdian Masyarakat lintas Perguruan Tinggi.

Studi Banding pada kali ini diikuti oleh unsur pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan dan beberapa dosen dan staf Fakultas Ilmu Kesehatan, hari pertama adalah mengunjungi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas yang diterima oleh Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II serta beberapa Kaprodi FKM Unhas, pada hari kedua tepatnya Jum’at tanggal 11 Juni 2021 kampus UIN Makassar menjadi tempat berkunjung dosen dan staf Fikes unsulbar untuk studi banding, rombongan Fikes yang dipimpin oleh Dekan Dr. Muyzakkir.,M.Kes disambut oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Makassar, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II serta unsur pimpinan lainnya. Pada siang harinya rombongan melanjutkan kunjungan ke Fakultas Keperawatan Unhas, yang juga diterima langsung oleh Fakultas Keperawatan serta Wadek II dan Wadek III serta beberapa pemateri. UNM menjadi kampus yang terakhir yang dikunjungi rombongan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar untuk bencmarking kali ini, rombongan kali ini pun disambut unsur pimpinan Fakultas Ilmu Keolahragaan yang juga mengelola Prodi Adminkes dan Prodi Gizi. Dekan, Wakil Dekan I, II, III, dan IV turut hadir dalam acara ini, pemaparan materi disampaikan oleh Ketua Program studi Administrasi Kesehatan.

Setelah dari benchmarking tim menyusun program dan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan diadakannya benchmarking untuk di bawa ke lokarya fakultas nantinya untuk perubahan dan pengembangan baik SDM dan kwalitas dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat ungkap Irwan yang ditemui setelah kegiatan studi banding (benchmarking) ke 3 PTN yang ada di Makassar.