FAKTA-FAKTA PEMBENTUKAN PENDIDIKAN DOKTER DI UNSULBAR

712

PENDIDIKAN DOKTER AKAN SEGERA HADIR DI SULBAR 

PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter) di Unsulbar mulai diwacanakan pada Tahun 2020 dan tahun 2021 telah diambil langkah-langkah konkrit dalam upaya pembentukan PSPD tersebut berikut adalah fakta-fakta yang berhubungan dengan Pembentukan PSPD di Universitas Sulawesi Barat:

  • Tanggal 13 Oktober 2021 Kerja Sama Operasional antara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dengan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat ditandatangani, KSO ini berlaku dengan jangka waktu 4 tahun.
    Penandatangan KSO Fakultas Kedokteran Unhas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar, turut dihadiri Gubernur Sulbar dan wakil Bupati Kab. Majene
  • Pada Tanggal 22 Oktober 2021 Dekan Fakultas Kedokteran UNHAS menerbitkan SK tentang Pengangkatan Tim Pendamping Penyusunan Proposal Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Sulawesi Barat.
  • Dekan Fakultas Kedokteran UNHAS beserta Tim Pendamping Penyusunan Proposal Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Sulawesi Barat pada tanggal 11  Januari 2022 berkunjung ke Unsulbar untuk kegiatan pendampingan penyusunan borang PSPD yang disusun oleh Tim Penyusun Borang PSPD Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar.
    Pendampingan penyusunan Borang PSPD oleh Tim dari Fakultas Kedokteran Unhas
  • Tim Pendamping Penyusunan Proposal Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Sulawesi Barat pada tanggal 12 Januari 2022 berkunjung ke RS dan kampus Unsulbar untuk meninjau sarana dan prasarana yang nantinya akan digunakan dalam perkuliahan pendidikan dokter di Unsulbar serta pada siang harinya mengadakan pertemuan dan diskusi dengan pihak rektorat Unsulbar Pemprov Sulbar dan Pemkab Majene.
    Tim dari Fakultas Kedokteran mengunjungi Laboratorium Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar

  • MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI pada tanggal       1 Desember 2021 mengeluarkan peraturan NOMOR 36 TAHUN 2021 TENTANG FAKULTAS KEDOKTERAN DAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI dimana dalam salah satu pasalnya disebutkan bahwa: Pembentukan Fakultas Kedokteran dan/atau Fakultas Kedokteran Gigi hanya dilakukan oleh Perguruan Tinggi baik Negeri ataupun Swasta.
  • SK Rektor tentang Penetapan Tim Penyusun Borang PSPD diterbitkan pada tanggal 18 Januari 2022 dengan melibatkan dokter spesialis dari Rumah Sakit Umum Majene.
  • Tanggal 4 Februari 2022 Senat Universitas Sulawesi Barat menerbitkan Surat Rekomendasi penambahan PSPD di Unsulbar.
    Tim Penyusun Borang dari Unsulbar berdiskusi dengan para dokter spesialis dari RSU Majene untuk merumuskan Visi dan Misi PSPD Unsulbar
  • Tanggal 21 Februari 2022 Rektor Unsulbar bersama dengan Rektor Universitas Borneo Tarakan dan Universitas Bangka Belitung mendapat surat penugasan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mendirikan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, serta Program Studi Kedokteran Gigi Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Gigi di Perguruan Tinggi yang dipimpinnya, surat tersebut ditandatangani Plt. Direktur Jenderal dengan nomor surat : 0189/E.E3/KB.00/2022.