Fikes Peduli Gempa Majene-Mamuju

83

Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat yang berpusat di Majene dengan kekuatan 6,2 SR meluluhlantahkan 2 Kecamatan di Kabupaten Majene yaitu Kecamatan Ulumanda dan Kecamatan Malunda, serta Kec. Tapalang dan Kec Mamuju di Kabupaten Mamuju,Gempa yang terjadi pada Jumat dini hari 15 Januari 2021, pukul 02.22 Wita yang terasa di seluruh Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan dan Sulawesi tengah ini memakan korban jiwa kurang lebih 105 jiwa meninggal dunia yang tersebar di Kabupaten Majene 10 orang dan Kabupaten Mamuju 95 orang, korban luka-luka di kedua kabupaten adalah 3.369 orang, serta 89.524 orang terdampak gempa bumi tersebut. ( sumber. News id sulsel, ).Universitas Sulawesi Barat sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang paling dekat lokasi Gempa ikut turut serta dalam kegiatan kemanusiaan peduli korban gempa dengan membangun posko kemanusiaan  yang berlokasi di desa Lombong Timur ,Malunda  dan Tapalang. Kegiatan berupa penyaluran bantuan bahan pokok yang dihimpun dari donator untuk diserahkan ke masyarakat yang terdampak.

Dalam kegiatan tersebut Fakultas Ilmu Kesehatan yang merupakan leader dalam Tim Pelayanan Kesehatan bagi korban gempa menurunkan tenaga Dosen dan staf serta mahasiswa dan alumni yang bersinergi dalam pemberian pelayanan kesehatan di wilayah Kec Malunda dan Kec Tapalang. Kegiatan pelayanan kesehatan ini menerjunkan tim kesehatan yang terdiri dari Dokter, Perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang kesemuanya adalah Dosen , Staf dan Mahasiswa serta Alumni dari Program Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat. Selain di lokasi Bencana Fikes juga memberikan pelayanan kesehatan di posko pengungsian yang berlokasi di SMA Neg 1 Tinambung kab.Polewali MandarPelayanan kesehatan ini dilaksanakan sejak hari 3 pasca gempa sampai 15 hari pasca gempa Sulbar. Pelayanan kesehatan yang di berikan adalah adalah Pengobatan , Perawatan luka dan Trauma Healing. Selama diwilayah gempa tim menginap selama 12 hari di lokasi agar dapat meberikan pelayanan yang maksimal terhadap korban gempa sebagai perwujudan bahwa Fikes Unsulbar Peduli akan korban Gempa.

Selain pelayanan kesehatan Fakultas kesehatan juga menyalurkan Bantuan yang berupa paket sembako dan 1000 masker hasil dari donasi dari donator ,bantuan ini diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Muzakkir M.Kes. di dampingi Wakil dekan 1 Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammad Irwan S.Kep.Ns .MKes. ke Posko Induk Unsulbar Peduli di dua kabupaten yaitu di kecamatan Malunda Kab, Majene dan Kec, Tapalang Kab Mamuju.

Kegiatan Fikes Peduli ini bersinergis dengan kegiatan Unsulbar Peduli gempa yang menadapat dukungan penuh dari Rektor Universitas Sulawesi Barat ,Dr.Ir Akhsan Djalaluddin MSi, dukungan yang diberikan berupa spirit dan materi serta sumber daya yang ada di Universitas Sulawesi Barat.

Kegiatan yang berakhir pada 28 Januari 2021 ini di tandai dengan penarikan seluruh relawan Unsulbar dari Lokasi oleh Rektor Universitas Sulawesi Barat, Namun pelayanan Kesehatan dari Fikes Unsulbar akan tetap berjalan dengan berjadwal ke lokasi bencana, dan pada waktu waktu yang dibutukan. (Irwan)